clock

Jumat, 25 Maret 2011

mamah...



mamah adalah wanita terhebat dalam hidup gue, mamah lah yang selama ini selalu ada dalam hidup gue baik dalam suka maupun duka, mamah gak ada tandingan nya bagi gue, gue sayaaaaaaaaaang banget ama mamah. tujuan dalam hidup gue cuma 1, yaitu membahagiagan mamah.

dari kecill... gue tinggal sama mamah,
gue salut sma pengorbanan mamah... sejak gue umur 11 tahun mamah udah madu sama bokap gue. tapi mamah ga pernah nuntut cerai ke bokap, itu semua mamahlakuin demi gue dan ayu. karena mamah tau,, kalo mamah minta cerqai .. gue dan ayu ga bakal dijamin hidupnya ama bokap.

dulu, sebelum nikah ama mamah, bokap udah pernah punya keluarga. istri pertamanya SITI. dari ibu siti, bokap punya anak satu. perempuan. gue sih biasa manggil kakak tiri gue ituuu yayu rop, nama lengkap nya mah ropiah. pernikahan bokap sama ibu siti gak bertahan lama, waktu yayu rop umur setaun.. bokap cerai dari ibu siti. dan semenjak cerai ituu... yayu rop gak pernah sekalipun dibiayain hidup nya ama bokap. tega banget kann bokap gue??? gue juga ga nyangka....

dari situlah alasan kenapa mamah ga mau cerai dari bokap.

selama 17 tahun iniii mamah ngebesarin gue cuma sendirian, mamah ngerawat, ngedidik, ngurus gue dan ayu tanpa pamrih. gue nyesel karena selama ini gue sering banget ngelawan ama mamah. gue sering bikin mamah marah, bikin mamah tersinggung, bikin mamah pusing, dll.

gue pernah bertengkar hebat sama mamah.
bahkan.... gue sampe pernah di usir ama mamah.
mamah terlalu lelah ngurusin gue.
dengan tingkah laku gue yang sering bikin mamah sakit hati.
gue nyesel banget. nyeseeeeeeelllll banget.
gue bener bener ga bermaksud bikin nyokap marah.
gatau kenapa, hali itu terjadi begitu aja tanpa gue sadari..

satu hal dari sifat mamah yang gak gue suka,
mamah trelalu lemah.
mamah terlalu baik
bahkan untuk melawan bokap pun mamah gak sanggup, gue sedih ngeliat mamah diem aja diperlakukan gak adil sama bokap. mamah gak pernah ngelawan. mamah selalu menerima apapun yang udah Allah berikan ke dia.
mamah juga kurang tegas dalam mendidik gue dan ayu. mangkannya gue jadi sering ngelawan ama mamah. karna sifat mamah yang satu ini juga... ayu hampir terjerumus ke hal hal yang gak bener. mamah selalu ngebiarin ayu pacaran tanpa batas. setiap malem minggu ayu di apelin ama cowoknya mamah gak pernah sedikitpun khawatir ama ayu. mamah terlalu ngasih kebebasan ke ayu. gue tau... mamah udah ngasih ilmu agama yag cukup ke anak anaknya, tapi yaa tetep ajaaaah... yang namanya manusia, setebel apapun imannya, pasti bisa kena godaan setan.

mamah juga sering salah paham ama gue.
mamah sering salah tanggep omomgan gue.
mungkin karena mamah udah tua kali ya....
gue sih masih bisa maklumin, tapi kalo keseringan mah gue nya juga yang kena batunya.

mamah emang bukan orang yang pinter dan berpendidikan. mamah cuma seorang lulusan SD dan itu pun belum sempet ikut ujian akhir karena maslah biaya. mamah berasal dari keluarga kurang mampu. kakek gue dulu seorang tentara, tapi waktu mamah kecil.. kakek meninggal karena sakit di irian jaya. tapi... gue bangga punya mamah kaya mamah gue. mamah adalah orang terbaiiiiiiiik yang pernah gue tau. gue syang mamahh. gue cinta sama mamah. sampe kapanpun... gue akan selalu sayang sama mamah.

terima kasih maaah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar